ILMU BUDAYA DASAR

Ilmu Budaya Dasar bukanlah suatu disiplin ilmu ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri, melainkan suatu ilmu pengetahuan mengenai aspek-aspek yang paling mendasar dalam kehidupan manusia sebagai makhluk berbudaya (homo humanus) dan masalah-masalah yang terwujud dari padanya. IBD memperoleh bahan pengetahuan humaniora, seperti teologia, filsafat, ilmu hukum, ilmu sejarah, ilmu bahasa, dan Ilmu kesenian.

 

IBD sulit dilepaskan dari pengertian kebudayaan. Oleh karena itu harus membicarakan konsep kebudayaan. Kebudayaan adalah seluruh total dari pikiran, karya, dan hasil karya manusia yang tidak berakar kepada nalurinya dan yang karena itu hanya dicetuskan oleh manusia sesudah suatu proses belajar (Koentjaraningrat,1974).

 

Kebudayaan, paling sedikit mempunyai tiga wujud, yaitu (1) wujud kebudayaan sebagai kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan dan sebagainya, (2) wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat, (3) wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia.

 

IBD sebagai salah satu komponen mata kuliah, bertujuan untuk mengembangkan daya tanggap, persepsi, penalaran, dan apresiasi berkenaan dengan lingkungan budaya. Sangat ideal bila materi IBD ini diberikan kepada mahasiswa yang lebih tinggi tingkatnya sehingga mudah dihubungkan dengan mata kuliah etika ataupun filsafat. Dengan demikian, dari mahasiswa yang telah memperoleh mata kuliah IBD diharapkan dapat lebih tnggap, memiliki penglihatan yang lebih jelas, serta memiliki pikiran yang lebih mendalam, serta mampu menghargai budaya yang ada di sekitarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: