MANUSIA DAN HARAPAN

DAFTAR ISI

BAB I :   PENDAHULUAN

  1. A.                    LATAR BELAKANG
  2. B.                     TUJUAN PENULISAN
  3. C.                    RUMUSAN MASALAH

BAB II:  PEMBAHASAN

BAB III: KESIMPULAN

DAFTAR PUSTAKA

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang

Harapan setiap manusia terus bertambah setiap harinya. Hal ini disebabkan karena manusia tidak pernah merasa puas dan ingin memperoleh kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang. Keadaan ini memiliki sisi baik dan buruk. Sisi baiknya adalah hal ini dapat menjadi motivasi bagi manusia untuk menuju arah kemajuan.

B.     Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menuntaskan tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar yang menjadi salah satu syarat kelulusan dalam proses pembelajaran di jenjang S1 Teknik Mesin Universitas Gunadarma. Selain itu, diharapkan makalah ini menjadi tulisan yang bermanfaat dan menjadi referensi bagi semua orang yang membacanya.

C.    Rumusan Masalah

Dari latar belakang yang telah dijelaskan di awal tadi, maka saya mengambil pokok masalah menjadi satu rumusan yang akan dibahas selanjutnya. Berikut adalah rumusan/pokok masalah yaitu harapan.

 

BAB II

PEMBAHASAN

Harapan berasal dari kata harap yang berarti keinginan supaya sesuatu dapat terjadi. Sehingga, harapan berarti sesuatu yang diinginkan dapat terjadi. Harapan berkaitan dengan masa depan. Harapan dan cita-cita terdapat persamaan, diantaranya hal-hal yang menyangkut masa depan yang belum terwujud dan orang menginginkan hal yang lebih baik atau meningkat.

Harapan tidak dapat terlepas dari masa sekarang dan masa lampau seseorang. Masa lampau memberikan pengalaman, masa sekarang memberikan pemikiran, dan masa depan merupakan harapan. Keinginan-keinginan manusia sebagai kelompok manusia yang terus meningkat akan berpengaruh pada wujud kebudayaan yang juga meningkat.

Untuk memperoleh apa yang diharapkan, seseorang perlu memiliki kemampuan dan kemauan yang keras. Tetapi, kemauan saja tanpa adanya tindakan maka akan sia-sia untuk mewujudkan harapan yang diinginkan. Kemauan pun harus benar-benar dari dalam hati kemudian dilakukan perencanaan yang matang sehingga semua aspek dapat terorganisasi dengan baik.

 

BAB III

KESIMPULAN

Harapan selalu berkaitan dengan masa yang akan datang. Namun, harapan juga tidak lepas dari masa sekarang dan masa lampau seseorang. Kebutuhan hidup seseorang yang semakin meningkat menyebabkan harapan di masa yang akan datang menjadi lebih baik.

 

DAFTAR PUSTAKA

Widyosiswoyo, Supartono. 1992. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: